Rabu, 25 Januari 2017

Khasiat dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan,- Kumis kucing merupakan tanaman herbal dengan bunga yang telah menonjol rambut yang menyerupai kumis kucing. Tanaman herbal ini dapat dilihat tumbuh terutama di negara-negara Asia Tenggara seperti Cina, Thailand, Taiwan, Filipina termasuk juga indonesia meskipun terbilang langka. Kucing Kumis yang botanikal dikenal sebagai Orthosiphon aristatus serta termasuk ke dalam keluarga mint. Ramuan dari tanaman kumis kucing dikenal juga dengan sebutan Balbas Pusa.

Tanaman kucing memiliki kandungan sitosterol beta, asam ursolic, hedargenin, asam glikolat, methylripariochromene A, flavonoid bio, asam oleanolic dan kalium. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki sifat sebagai antioksidan, anti inflamasi, diuretik, antipasmodic, antimikroba dan antijamur.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Khasiat yang pertama dari tanaman kumis kucing termasuk hipertensi. Bahan kimia yang hadir dari Orthosiphon stamineuscan dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Selain itu, bahan kimia methylripariochromene dalam kumis kucing juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi sistolik pada tikus.

Gangguan ginjal, dimana daun Orthosiphon stamineuscan dari tanaman kumis kucing menjadi cara yang efektif untuk membantu mengobati batu ginjal. Tanaman kumis kucing juga terdapat kandungan senyawa aktif lain yang diantaranya  anthosiphon, glikosida, miyak esensial, sponin, sapofonin, kalium, zat samak, orthosiphonglikosida, minyak lemak, garam kalium (0,6-3.5cYo) dan myoinositol. Efek sifat antiinflamasi yang terdapat dalam kumis kucing dapat menghancurkan batu pada saluran kemih. Sehingga ramun ini juga dapat digunakan untuk meringankan infeksi intens, ginjal kronis, infeksi saluran kemih atau kandung kemih, batu empedu dan radang prostat, radang ginjal dan batu kandung kemih.

Dalam mengobati batu ginjal, ramuan dari tanaman kumis kucing hal ini juga dapat mengurangi kejang otot polos di dinding organ internal, sehingga berharga untuk masalah kantong empedu

Diabetes, dimana sebuah studi juga mengungkapkan bahwa kumis kucing dapat digunakan dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes dalam jangka waktu 6 bulan.
Peradangan, dimana hal ini karena sifat antiinflamasi yang terdapat dalam kumis kucing dapat membantu dalam mengurangi peradangan. Selain itu, hal ini juga diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sistem reproduksi.

Asam urat atau rematik, dimana kondisi ini melibatkan penumpukan limbah asam dan metabolisme dalam otot dan sendi. Sehingga hal ini menyebabakan berkurangnya sirkulasi di sekitar sendi yang akhirnya mengakibatkan pembengkakan dan kerusakan pada sendi. Untuk itu, dengan seringnya mengkonsumsi ramuan kumis kucing dapat membantu mengahapus pembuang metabolisme dari tubuh kita sehingga akhirnya dapat menghilangkan rematik. Disamping itu, ramuan ini juga membantu dalam melancarkan peredaran darah.

Itulah sedikit informasi mengenai Khasiat dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan, semoga informasinya bermanfaat..

Salam Sehat, By Obat Keloid Di Apotik

Khasiat dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

cara mengobati epilepsi